Corona Virus: Gizi Seimbang Kunci Tingkatkan Imunitas

Ilustrasi Gizi Seimbang (foto: frisianflag.com)

SadarGizi.com  Sejak pertama kali diumumkan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo 2 Maret 2020, temuan Covid-19 di Indonesia hingga hari ini, Selasa (17/3/2020) mencapai 172 kasus. Sore ini, Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona, Achmad Yurianto menyebut adanya 38 kasus baru. Sehingga angka kasus yang sebelumnya berjumlah 134 menjadi 172.

“Total ada 172 kasus, kasus meninggal tetap 5 orang,” kata Yuri dalam konferensi pers di Kantor BNPB, Selasa (17/3/2020) sore sebagaimana dikutip dari artikel Kompas.com (17/3/2020).

Untuk mencegah penyebaran virus ini, tak hanya sering mencuci tangan atau menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), tetapi juga menjaga imunitas tubuh dengan mengonsumsi makanan yang sehat serta seimbang dan olahraga.

Seorang ahli gizi dan profesional kesehatan Lee Holmes telah mengungkap makanan peningkat kekebalan tubuh yang dapat membantu Anda tetap sehat selama penyebaran COVID-19. Makanan apa saja? Mari simak informasinya seperti dilansir dari Daily Mail berikut :

Makanan Kaya Antioksidan

Makanan kaya antioksidan termasuk buah beri, bawang putih dan bawang merah sangat penting untuk membangun sistem kekebalan tubuh. Ini membuat tubuh Anda mampu melawan virus, karena mengandung vitamin C, B dan E yang membantu mengurangi risiko penyakit dan membantu melawan infeksi. Selain itu, makanan yang termasuk memiliki kaya antioksidan, adalah terong, labu dan wortel, yang harus dimakan setidaknya sekali dalam sehari.

Kunyit

Kunyit merupakan bahan makanan yang berfungsi sebagai pertahanan tubuh. Sebab, kunyit memiliki sifat anti-inflamasi yang sangat penting untuk sistem kekebalan tubuh.

Telur

Telur adalah makanan yang sangat bergizi yang mengandung lebih dari 20 vitamin dan mineral penting termasuk protein berkualitas baik, lemak baik serta vitamin A dan E. Telur juga mengandung selenium, antioksidan tinggi yang memainkan peran penting dalam kesehatan sel Anda.

Teh hijau

Teh hijau adalah minuman yang dapat membantu Anda meningkatkan kekebalan tubuh. Hal ini karena teh hijau mengandung flavonoid yang diyakini membantu menghambat produksi enzim yang menyebar virus dalam tubuh. Selain itu, antioksidannya sangat tinggi sehingga dapat memberikan dorongan yang sangat dibutuhkan tubuh untuk membantu melawan gejala virus ketika tubuh terinfeksi. (Sy)