Saran Ahli Giji Untuk Mencegah Paparan Virus Corona

dr. Tirta Prawita Sari, M.Sc., Sp.GK (foto: liputan6.com)

SadarGizi.com – Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto dalam keterangan persnya hari ini menyampaikan jumlah pasien positif terinfeksi Virus Corona (Covid-19) Selasa (24/3) bertambah menjadi 686 orang. Dari jumlah itu, korban meninggal mencapai 55 orang, dengan jumlah yang sembuh 30 orang.

Ahli gizi, dr. Tirta Prawita Sari, M.Sc., Sp.GK di tengah pandemi virus Corona (Covid-19) ini dalam keterangannya di Jakarta, Selasa (24/3) menyarankan masyarakat untuk meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh untuk menangkal virus corona.

“Stamina dan daya tahan tubuh dapat diperoleh dengan asupan gizi yang seimbang, istirahat yang cukup serta berolahraga. Makan yang cukup dan seimbang artinya mengandung karbohidrat, lemak dan protein cukup. Protein adalah bahan baku penting untuk sistem kekebalan tubuh, namun agar bisa dipakai oleh tubuh, karbohidrat dan lemak harus cukup”.

dr. Tirta juga menambahkan bahwa ekstra telur atau lauk protein lainnya seperti ayam, ikan dan daging bisa sangat membantu serta antioksidan juga penting untuk bantu tubuh melawan infeksi. Makan-makanan berwarna setiap hari jadi indikator kecukupan tubuh akan zat gizi mikro (vitamin dan mineral). Antioksidan bermacam-macam, vitamin B dan C bisa dari sayuran dan buah.

Dokter Spesialis RS Pondok Indah Jakarta ini juga menjelaskan bahwa asupan makanan yang sehat dan seimbang merupakan faktor utama untuk menjaga kesehatan, sekaligus dalam menjalankan physical distancing.

Lebih lanjut dr. Tirta menyarankan untuk menghindari gorengan dan makanan berlemak tinggi, gula atau sejenisnya. Dalam keadaan sekarang ini jangan menkonsumsi makanan yang bisa mentrigger respons imun,  biar imun tidak harus kerja keras. (Sy)