Jumrana Salikki: Gerakan Kemanusiaan Serentak Seluruh Indonesia Perlu Didorong Ditengah Pandemi Covid-19

Jumrana Salikki S.E (Wakil Ketua Umum BPP KKSS)

SadarGizi.com – Pandemi Corona Virus Disiase (covid-19) yang makin mengganas khususnya di Indonesia beberapa bulan terakhir ini membuat ekonomi lumpuh. Banyak perusahaan yang mulai melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) terhadap karyawannya. Akibatnya, masyarakat bukan hanya banyak yang kehilangan pekerjaan, tapi sulit untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang diterapkan pemerintah untuk mencegah semakin menularnya pandemi covid-19 semakin memperburuk jangkauan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan dasarnya, khususnya makan. Meskipun ini merupakan pilihan sulit, tapi kondisi ini merupakan pilihan yang harus dilakukan oleh pemerintah.

Mengantisipasi semakin memburuknya ekonomi masyarakat akibat covid-19 dengan diterapkannnya PSBB oleh pemerintah, Aktivis Sosial Jumrana Salikki dalam diskusi virtual, Senin (13/4) dengan tema “Membangkitkan Solidaritas Di Tengah Kesulitan” yang diselenggarakan oleh Yayasan Gerakan Masyarakat Sadar Gizi, Komunitas Literasi Gizi, dan Departemen Kesehatan BPP Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) menjelaskan bahwa kita tak bisa hanya mengharapkan upaya pemerintah, tapi masyakarat harus ambil bagian dalam penyelesaian masalah ekonomi ini.

Jumrana Salikki yang merupakan Wakil Ketua Umum BPP Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) mengungkapkan bahwa masyarakat Indonesia sebenarnya sudah memiliki kemampuan untuk membantu pemerintah dalam menangani  covid-19 ini. Dan itu sudah menjadi budaya sosial dalam masyarakat kita. Budaya itu adalah budaya saling menolong, membantu yang disebut gotong royong.

Disamping itu, Jumrana Salikki menyarankan sekaligus mengajak masyarakat untuk mendorong gerakan kemanusiaan secara serentak di seluruh Indonesia dalam mengatasi kesulitan ekonomi masyarakat ditengah pandemi covid-19.

“Upaya yang tepat untuk dilakukan masyarakat adalah membangun semangat gotong royong dan mengupayakan gerakan kemanusiaan untuk didorong secara serentak di seluruh Indonesia ditengah pandemi covid-19. Gerakan kemanusiaan ini dimaksudkan untuk bisa menolong dan menopang masyarakat yang kesulitan dalam hal ekonomi” terang Jumrana yang juga merupakan ketua tim Gerakan Berbagi Beras. (Sy)