Praktisi Gizi: Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh

dr. Tirta Prawita Sari, M.Sc., Sp.GK (foto: liputan6.com)

SadarGizi.com – Pandemi Corona Vurus Disease (Covid-19), membuat banyak orang kehilangan kemampuan mengakses atau membeli makanan. Tentu ini akan berdampak pada kebutuhan gizi sebagai sumber untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Seperti kita ketahui, asupan makanan dan minuman merupakan sumber gizi. Asupan makan dan minuman yang baik dan seimbang tentunya dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Namun disamping faktor makanan dan minuman yang merupakan sumber gizi untuk meningkatkan daya tahan tubuh, ada pula faktor lain yang dapat mempengaruhi daya tahan tubuh atau imun seseorang.

Dr. Tirta Prawita Sari, M.Sc., Sp.GK, dalam diskusi virtual Ekonomi dan Gizi, Senin (13/04) dengan tema “Membangkitkan Solidaritas Di Tengah Kesulitan” yang diselenggarakan oleh Yayasan Gerakan Masyarakat Sadar GIzi dalam Program KoaLizi (Komunitas Literasi Gizi) kerjasama dengan Departemen Kesehatan BPP. Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) memberikan tips bagaimana menjaga dan mempertahankan imun seseorang.

“Bagi yang memiliki kebiasaan merokok, segera hentikan, dan jaga pola tidur jangan begadang”. Dua hal itu jika kita disiplin melakukannya maka imun tubuh akan terjaga”.

Selain dua faktor diatas, merokok dan pola tidur yang harus dijaga, Dr. Tirta menjelaskan bahwa ada faktor luar juga yang dapat men-triger turunnya imun. Trigger atau pemicu yang dapat menurunkan daya tahan tubuh adalah  stres.

”kurangi sebesar mungkin faktor luar yang dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh, hindari stres. Ini dapat membantu menjaga imun tubuh.” Ungkap Dr. Tirta yang juga merupakan ketua Yayasan Gerakan Masyarakat Sadar Gizi. (Sy)