Ahli Teh dan Praktisi Gizi: Minum Teh Dapat Menangkal Covid-19 “HOAX”

Ilustrasi Teh (foto: Daun Seduh)

SadarGizi.com – Di tengah pandemi virus corona (covid-19) belakangan ini, banyak informasi hoax yang menerpa masyarakat. Mulai dari informasi makanan hingga minuman yang dipercaya dapat menangkal virus corona. Informasi terbaru adalah teh yang disebut-sebut dapat mencegah penularan virus yang pertama kali ditemukan di Wuhan, China ini.

Ahli Teh, Ratna Somantri, menjelaskan bahwa meski memiliki banyak khasiat dan dapat membantu  daya tahan tubuh, teh tetap tidak dapat membunuh Virus Corona di dalam tubuh. Ada beberapa alasan jika teh tak dapat membunuh virus.

“Kandungan dalam daun teh yakni methylxanthine adalah senyawa alkaloid yang biasanya banyak dimanfaatkan untuk pengobatan obstruksi jalan napas akibat penyakit tertentu. Seperti emfisema, bronkitis, atau asma. Artinya, methylxanthine tidak efektif jika digunakan untuk melawan virus corona”.

Ratan mengatakan bahwa informasi terkait teh dapat menangkal virus corona itu tidak benar. “Memang ada kandungan senyawa berupa polifenol dalam teh yang dapat melawan virus, tetapi bukan virus corona. Hanya mampu menambah kekebalan tubuh,’’ ujar Ratna seperti dikutip dari INDOPOS, Rabu (15/04).

Hal tersebut juga dibenarkan oleh Praktisi Gizi Klinik, dr. Tirta Prawita Sari, M.Sc., Sp.GK. dr . Tirta menjelaskan bahwa dalam minuman teh mengandung fitokimia yang berfungsi sebagai antioksidan. Zat ini sangat dibutuhkan tubuh untuk menangkal radikal bebas.

’’Memang benar dalam teh terdapat antioksidan. Tapi tidak benar dengan mengonsumsi minuman teh bisa mencegah virus corona,’’ ujar dr. Tirta.

Menurut dr. Tirta, pola hidup sangat menentukan kekebalan tubuh seseorang. Kecenderungan masyarakat saat ini masih memiliki pola hidup tidak sehat. Seperti merokok, suka begadang, dan stres. Pada kondisi tertentu, imun tubuh hanya digunakan untuk mencegah faktor-faktor tersebut.

’’Jadi jangan sampai imun tubuh yang kita bangun hanya untuk men-trigger itu (pola hidup tidak sehat). Supaya imun tubuh mampu mencegah virus corona”.

Imun tubuh harus dibangun dari asupan gizi yang baik. Seperti protein, vitamin dan zat gizi lainnya. Sebab, mengonsumsi satu saja elemen yang membangun kekebalan tubuh tidak cukup.

’’Seperti kita rajin minum teh, tapi tidak cukup mendapat asupan makanan yang bergizi. Ya itu percuma, karena tidak ada sistem imun yang dibangun’’.

Dr. Tirta yang merupakan ketua Yayasan Gerakan Masyarakat Sadar Gizi juga menegaskan, untuk membangun sistem imun yang baik tidak bisa dilihat dari satu sisi saja. Dan antioksidan tidak hanya ditemukan dari minuman teh. Apalagi hanya menerapkan satu terapi untuk mendapatkan kekebalan tubuh dari satu elemen saja.

’’Dia (antioksidan dari teh) bisa bekerja dengan baik, bila komponen lainnya terpenuhi. Dan sekali lagi tidak benar menggunakan 1 terapi untuk bisa menjadi imun tubuh yang baik,’’ tutur dr. Tirta. (Sy)