Kenapa Makan Sayuran Hijau Bisa Bikin Usus Jadi Sehat?

Siapa di antara kamu yang walaupun sudah dewasa masih tidak suka makan sayur? Well, jika kamu memiliki kebiasaan tersebut maka hilangkan dengan segera kebiasaan buruk tersebut.

Sebelumnya, banyak penelitian yang mengungkapkan bahwa makan sayuran hijau baik untuk saluran pencernaan karena mengandung serat yang berfungsi sebagai sapu untuk mendorong sisa makanan agar keluar.Namun sebuah penelitian terbaru yang dilansir dari dailymail.co.uk menemukan bahwa sayuran hijau juga mengandung zat gula alami yang menjadi sumber energi untuk tumbuhnya bakteri baik dalam tubuh.
“Zat gula alami yang disebut dengan sulfoquinovose atau SQ ini jumlahnya sangat berlimpah di dalam sayuran hijau dan sangat unik karena merupakan satu-satunya zat gula yang mengandung belerang,” terang penelitian yang dipublikasikan di jurnal Nature Chemical Biology.

“Setiap kali kamu makan sayuran hijau, maka kamu mengonsumsi sejumlah besar SQ yang bermanfaat sebagai sumber energi dari bakteri E.coli. Dengan meningkatnya kekuatan E.coli, maka semua gangguan pencernaan termasuk keracunan makanan akan berkurang,” tambah Dr Ethan Goddard-Borger, peneliti dari Australias Walter and Eliza Hall Institute. “Kandungan sulfur di dalam SQ sangat penting untuk membangun protein, komponen penting untuk mendukung organisme. Itulah sebabnya bakteri E.coli akan semakin kuat jika Anda semakin banyak makan sayur.”

Sumber : http://www.merdeka.com/sehat/kenapa-makan-sayuran-hijau-bisa-bikin-usus-jadi-sehat.html