dr. Pras; Puasa adalah Penyembuh Terhebat Dalam Mengatasi Berbagai Penyakit

dr. Prasetyo Widhi Buwono, Sp.PD-KHOM (foto mediaindonesia)

SadrGizi.com –  dr. Prasetyo Widhi Buwono, Sp.PD-KHOM, yang merupakan Pimpinan Klinik Budhi Pratama Restu Ibu Group mengatakan bahwa manfaat puasa itu sangat luar biasa bahkan menjadi penyembuh terhebat dalam mengatasi berbagai penyakit.

Hal itu disampaikan dalam webinar Seri II dengan topik “Puasa: Sehat, Berativitas dan Panjang Umur”, Jumat, 8 April 2022 yang diselenggarakan oleh Yayasan Gerakan Masyarakat Sadar Gizi bersama Klinik Budhi Pratama, Literasi Sehat Indonesia, Rumah Sakit Sandi Karsa Makassar, dan Bakornas LKMI-HMI.

dr. Pras mengungkapkan bahwa manfaat puasa didalam ayat suci Al-Qur’an sudah ditegaskan dan didukung oleh beberapa penelitian.

“Seperti penelitian yang dilakukan oleh seorang psikiater, Alan Scope dalam bukunya, Why Fast?” ungkapnya.

dr. Prasetyo menyampaikan bahwa  hasil penelitian Alan Scope mengungkapkan bahwa puasa dapan menurunkan tekanan darah, menurunkan gula darah, dan menurunkan lemak untuk 2 penyakit Hipertensi dan Diabetes Melitus sangat penting. Untuk diketahui bahwa keduanya merupakan penyakit utama yang mendasari penyakit-penyakit yang lebih berat seperti katastropik dan membutuhkan biaya tinggi, dan sebenranya bisa dicegah.

“Dalam penelitian lain disebutkan bahwa, puasa mengontrol nafsu seksual, menghambat penuaan dan merupakan proses detoksifikasi, yang akan mengendorkan ketegangan jiwa dan pengendalian diri lebih baik”. ucap dr. Pras.

Sejalan dengan hal itu ribuan tahun yang lalu Plato (filsuf yunani ) mengatakan bahwa puasa mengobati sakit fisik dan mental, demikian juga kata filsuf yang lain Phillipus mengatakan bahwa penyembuh terhebat dalam mengatasi berbagai macam penyakit. Tutup dr. Pras.

Untuk diketahui, diskusi ini dihadiri oleh dr. Andi Nusawarta, Sp.OT (K) Sports, dr. Rita Kumalasari, Sp.KFR dan dr. Rais Reskiawan sebagai narasumber dan dimoderaori oleh dr. Jamaluudin Lukman. (Sy)